Saturday, April 20, 2024

Masjid Membersamai Para Sepuh (Warga Senior / Lansia+)

Bagus sekali ada upaya2 masjid ramah anak, ramah tetangga, ramah milenial, ramah lansia dll  

Disebut lansia biasanya yg usia mulai 60th. Namun sangat banyak lansia yg msh sangat sehat, segar dll.

Terkait lansia khususnya yang sdh lebih sepuh, yang karena kondisinya maka lebih membutuhkan keberaadan orang lain. Juga meski blm lansia namun krn kondisinya juga spt itu.  

Jadi mungkin istilah yg lebih tepat "para sepuh" atau "warga senior" atau "lansia+"

Sdh sewajarnya masjid ramah, peduli kepada mereka. Mungkin istilah yg lebih pas adalah "membersamai". Masjid membersamai para sepuh tsb.  Khususnya yg krn kondisinya perlu dibersamai. Perlu didampingi. 

Kondisi tsb misalnya: kondisi kesehatannya sehingga memaksa unt harus sering di rumah. Bahkan harus sering berbaring di tempat tidur. Apalagi mungkin keluarganya tidak bisa optimal membersamai (misal di luar kota), pasangan (suami/istri) sdh meninggal dll.

Tentunya yg membersamai utama adalah keluarga mereka. Masjid bersama keluarga ikut membersamai. 


Apa konkritnya program membersamai itu?

  • Salah satu yang paling dasar dan sederhana adalah kita mencoba mendekat kpd mereka (berkunjung dll). 
  • Selanjutnya kita mendukung kebutuhan2 mereka (kebutuhan jangan diartikan melulu secara finansial). Mungkin banyak diantara mereka sdh sangat mapan scr finansial, namun mungkin mereka kesepian. 
  • Juga tentunya ikut mendukung agar di masa2 sepuh lebih dekat kepadaNya.
  • Juga mungkin ada program antar jemput untuk shalat berjamaah di masjid. Brkali untuk shalat2 tertentu. Misal shalat Subuh 
  • Sambil berkunjung, ada pemeriksaan kesehatan sederhana yg gratis. Pemeriksaan tekanan darah, kadar gula dan semacamnya. Bisa kerjasama dengan para dokter yg warga, unt melatih para relawan.
  • Bila kondisi sakit kritis di RS, bersama keluarga ikut mendampingi.  
  • Mengadakan gathering, kumpul2 yg cocok unt para sepuh.
  • Mengadakan piknik sederhana yg ramah (memungkinakan) unt para sepuh.
  • Peminjaman alat2 kesehatan khususnya yg terkait para sepuh: kursi roda, tempat tidur seperti yg di RS dll. 
  • ...dan insya Allah masih banyak lagi    

Kerjasama dengan fihak terkait sangat diperlukan, misal ibu2 PKK yg mungkin punya program yg terkait misal Posbindu Lansia, para dokter, puskesmas, RT/RW dll


Seberapa mahal biaya program membersamai lansia?

Kadang kita berfikir, khawatir banyak yg perlu kita kerjakan namun dana kita terbatas. Suatu fikiran yg wajar. 

Secara umum, bukan hanya program ini, sebenarnya secara umum masjid perlu menumbuhkan budaya, jiwa kesukarelawan (volunteering). Jadi kita tumbuhkan budaya tsb untuk kita, untuk anak2 kita.  Sehingga dengan itu, insya Allah biayanya relatif sedikit. Kalaupun diperlukan biaya yg cukup besar insya Allah akan ada donatur2. Dengan program yang jelas, transparan, insya Allah tidak sedikit yang bersedia mendukung.

Untuk program membersamai para sepuh itu sendiri, biayanya sedikit. Yg lebih diperlukan adalah kesediaan meluangkan waktu unt bebagi kasih sayang. Keperluan para relawan belajar bagaimana membersamai para sepuh. Belajar pengetahuan2 praktis terkait, misal psikologis, kesehatan dll unt kalangan para sepuh tsb.